Saturday, June 6, 2020

Setelah 23 Tahun Berdiri, Masjid Al-Amin Direnovasi dengan Anggaran Rp 2 Miliar


MALANG – Yayasan Al-Amin berniat melakukan renovasi total salah satu unit usahanya, yakni Masjid Al-Amin. Masjid yang beralamat di Jalan Danau Sentani Utara Blok H3 RW 12, Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, ini butuh direnovasi secara menyeluruh karena berbagai pertimbangan .

Ketua Yayasan Al-Amin Ir H Tri Agus Djoko Kuntjoro MT mengungkapkan alasan utama renovasi total Masjid Al-Amin, yakni sejak berdiri  tahun 1997 atau 23 tahun lalu belum pernah mengalami perbaikan total. Sementara, kondisi struktur bangunan sudah mulai terlihat rapuh dan keropos dimakan rayap.


“Dari hasil assessment terhadap bangunan Masjid Al-Amin didapati kayu-kayu kusen jendela dan dinding-dinding mulai keropos. Contohnya, dinding sebelah utara sudah mulai retak, termasuk genting yang kondisinya sudah membutuhkan rehab. Karena itu, yayasan berinisiatif dengan DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) Al-Amin untuk membuat tim panitia yang tujuannya untuk merenovasi Masjid Al-Amin,” papar pria yang juga merangkap sebagai Ketua Panitia Renovasi Masjid Al-Amin ini.  

Menurut dia, sejauh ini persiapan yang dilakukan di antaranya, pertama membentuk tim renovasi pada  1 Maret 2020, kemudian diadakan beberapa kali pertemuan sekalian melengkapi izin mendirikan bangunan (IMB) yang diajukan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. 

Perspektif Masjid Al-Amin setelah direnovasi 

“Kedua, kami bekerja sama dengan arsitek untuk membuat desain renovasinya, kemudian juga pembuatan RAB (Rencana Anggaran Belanja) renovasi masjid yang menelan anggaran sekitar Rp 2 miliar ini,” ujar  pria yang juga menjabat Wakil Rektor 3 Institut Teknologi Telkom Surabaya ini.

Ketiga, lanjut dia, progress report perkembangan pemborong atau pelaksana lapangan, kemudian mencari donasi termasuk hubungan masyarakat (humas) untuk menginfokan renovasi ini.

“Sampai saat ini persentase progress reportnya sekitar 5-10 persen terhitung Maret sampai akhir Mei. Namun demikian, semangatnya tetap, kami memberikan yang terbaik untuk rumah Allah,” ujarnya.

Untuk awal renovasi Masjid Al-Amin, lanjut dia, direncanakan setelah hari raya Idhul Adha. “Alhamdulillah, respons masyarakat bagus. Belum kami declare secara umum, dana sudah mulai ada yang mengalir senilai Rp 2,7 juta.  Insya Allah kalau kita publish akan lebih cepat, baik dalam bentuk material maupun uang,” kata dia. (hen)


1 comment:

  1. Alhamdulillah seiring berjalannya waktu.... meningkatnya taraf ekonomi lingkunan sekitar Masjid yang di tandai renovasi renovasi rumah tinggal, dan meningkatnya kegiatan keagamaan seperti kajian - kajian ba'da Maghrib-Isya'( kajian Tafsir Al Qur'an, Akhlak, Fiqih), ba'da Sholat Subuh (Kultum,dan Belajar membaca Alqur'an ) serta ba' da Solat Asar belajarnya anak anak sekitar Masjid ( TPQ ) Sangatlah layak bila Masjid Al Amin di Renovasi.

    ReplyDelete