Friday, June 30, 2023

Lanjutkan Tradisi, Masjid Al Amin Sembelih 14 Sapi dan 10 Kambing di Idul Adha 1444 H

 

Masjid Al Amin pada Idul Adha 1444 H/2023 melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 24 ekor  yang terdiri dari kurban sapi sebanyak 14 ekor dan kambing 10 ekor.  


KOTA MALANG - Masjid Al Amin kembali merayakan Idul Adha 1444 H/2023 M dengan penyembelihan hewan kurban. Sebanyak 24 ekor hewan kurban disembelih oleh panitia. Rinciannya, kurban sapi sebanyak 14 ekor dan kambing 10 ekor.

Ketua Panitia Perayaan Idul Adha Drs Mulyani Surendra MS, mengatakan setelah tidak menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban pada tahun sebelumnya akibat merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada Idul Adha 1443 H/2022 M, Masjid Al Amin melanjutkan tradisi ini tahun ini.

“Alhamdulillah, setelah tahun lalu tidak menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban karena wabah PMK, Masjid Al Amin tahun ini kembali menyembelih hewan kurban dari para warga yang mempercayakan kepada kami,” kata ketua panitia yang juga Ketua Takmir Masjid Al Amin ini, Kamis (29/6/2023).

Ia mengungkapkan,  penyembelihan hewan kurban ini dilakukan dengan proses yang sesuai dengan aturan syariat Islam dan diawasi oleh tim yang berkompeten dalam hal tersebut.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, panitia tidak membagikan daging kepada para gepeng, seperti gelandangan dan pengemis. Hal ini merupakan kebijakan yang diambil oleh panitia untuk memastikan distribusi daging kurban yang lebih tepat sasaran dan efisien,” kata pria yang akrab disapa Cak Loem ini.

Ia menyebutkan, pembagian daging kurban akan dilakukan kepada warga sekitar Masjid Al Amin, masjid-masjid di sekitar wilayah tersebut, serta yayasan sosial keagamaan yang telah mengajukan permintaan khusus untuk mendapatkan daging kurban.

"Kami berharap kebijakan ini dapat memastikan distribusi yang adil dan memberikan manfaat yang maksimal kepada penerima daging kurban," tegasnya.

Sementara itu, meski sempat ada kejadian seekor sapi kurban yang terperosok ke dalam lubang pembuangan limbah saat pelaksanaan penyembelihan, hal tersebut relatif tidak menghalangi kerja panitia dalam menyelesaikan tugasnya.

Panitia tetap bekerja semangat sampai tuntas tanpa terpengaruh kejadian tersebut karena sudah ditangani oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran Kota Malang yang didatangkan untuk menangani masalah tersebut. (*)

                                                                            ******


Foto-foto lain Kegiatan Pemotongan Hewan Kurban pada Idul Adha 1444H/2023 Masjid Al Amin










                                                Kurban Sapi













                                                Kurban Kambing















0 comments:

Post a Comment