Thursday, April 1, 2021

Ramadhan, Masjid Al-Amin Sudah Bisa Digunakan untuk Kegiatan Ibadah

 

    
  

MALANG – Panitia Renovasi Masjid Al-Amin memastikan Masjid Al-Amin yang sedang dalam tahap renovasi sudah bisa digunakan untuk kegiatan ibadah selama bulan Ramadhan 1442 Hijriyah. Diperkirakan 1 Ramadhan tahun ini jatuh pada 13 April 2021, sehingga pada 12 April malam bisa dimulai shalat Tarawih berjamaah di masjid.

Kepastian penggunaan masjid yang beralamat di Jalan Danau Sentani Utara Blok H3 RW 12, Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, itu disampaikan Ketua Panitia Renovasi Masjid Al-Amin Ir H Tri Agus Djoko Kuntjoro MT usai rapat bersama seluruh panitia renovasi, Minggu (28/3/2021) malam.

“Alhamdulillah, Masjid Al-Amin yang saat ini dalam tahap renovasi pada saat awal Ramadhan 1442 Hijriyah sudah bisa digunakan untuk kegiatan beribadah,” kata ketua Yayasan Al-Amin ini.

Meski belum sempurna, kata Tri Agus melanjutkan, namun ruang utama masjid dan sarana pendukung relatif sudah siap. Seperti sound system, kelistrikan, tempat wudhu pria dan wanita, serta kamar mandi pria dan wanita sudah siap digunakan.

“Untuk mengawali penggunaan Masjid Al-Amin akan dilakukan kerja bakti bersama pada Sabtu tanggal 10 April  sekalian diadakan ceramah usai shalat Subuh yang dilanjutkan sarapan bersama. Sebagian peralatan yang ada di sini (Masjid Al-Amin 2) digeser di sana (Masjid Al-Amin 1), sehingga Senin (12/3/2021) sore sudah bisa digunakan untuk mengawali Ramadhan di Al-Amin 1 sampai 1 Syawal. Setelah itu balik lagi ke Al-Amin 2,” papar Tri Agus.

Kembalinya kegiatan ibadah ke Al-Amin 2, menurut Tri Agus, agar kelanjutan renovasi Masjid Al-Amin 1 bisa fokus penyelesaiannya. “Yang kurang-kurang pembangunannya seperti gewel, pendirian tower dan lainnya kita harapkan mereka (pekerja) bekerjanya bisa fokus,” kata Tri Agus.

Persiapan lainnya menyambut Ramadhan, lanjut Tri Agus, yakni mempersiapkan infrastruktur karena ada dua masjid, yakni Al-Amin 1 dan Al-Amin 2 (sementara). Sedangkan persiapan yang kedua adalah menyiapkan seremonial ibadahnya mulai dari khatib, penceramah, pengajian-pengajian harian, termasuk di dalamnya kemanan dan kebersihan. (hen)

 Foto-foto di bawah ini diambil pada bulan Maret 2021:




0 comments:

Post a Comment