Tuesday, April 13, 2021

Warga Blok H3 RW 12 Antusias Ikuti Shalat Tarawih Perdana di Masjid “Baru” Al-Amin

     Shalat tarawih berjamaah di Masjid “Baru” Al-Amin, Senin (12/4/2021) malam. 

MALANG – Warga Perumahan Sawojajar I Blok H3 RW 12 dan sekitarnya antusias menyambut awal Ramadhan tahun ini dengan mengikuti shalat tarawih berjamaah di Masjid “Baru” Al-Amin, Senin (12/4/2021) malam. Pemerintah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1442 Hijriyah jatuh pada Selasa, 13 April 2021

Ini juga merupakan tarawih kedua di tengah pandemi Covid-19 di masjid yang sedang dalam pembangunan renovasi total. Shalat tarawih dilaksanakan dengan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

Saf yang tersedia di ruang utama masjid yang beralamat di Jalan Danau Sentani Utara Blok H3 RW 12, Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, ini dipenuhi jamaah. Total jamaah yang hadir diperkirakan sekitar 150 orang, yang terdiri dari 100 jamaah laki-laki dan 50 jamaah perempuan.

Jamaah laki-laki yang tidak kebagian tempat di ruang utama,  shalat tarawih dengan memanfaatkan di luar ruang utama karena belum seluruhnya ruang masjid bisa digunakan. Bahkan, jamaah laki-laki ada yang shalat tarawih di bagian luar masjid.

Antarjamaah diatur berjarak sekitar kurang lebih 90 sentimeter dengan pembatas segitiga berwarna hitam yang direkatkan ke lantai masjid. Seluruh jamaah mengenakan masker saat menunaikan shalat tarawih.

Ketua Takmir Masjid Al-Amin Drs Mulyani Surendra MS mengatakan, terselenggaranya shalat tarawih di Masjid Al-Amin merupakan karunia Allah SWT. Pasalnya, pembangunan renovasi diluar perkiraan di mana targetnya minimal 1,5 tahun baru bisa dipakai. Tetapi, memasuki bulan ke-9 sudah dapat digunakan untuk shalat tarawih.

“Ini sebuah karunia dari Allah. Jadi kita harus bersyukur dan berterima kasih kepada jamaah dan donatur yang memberikan sedekahnya senilai berapa pun. Mudah-mudahan sedekah mereka diterima dan dibangunkan sebuah istana di surga,” kata pria yang akrab disapa Cak Loem ini.

“Tanpa kehendak Allah dan tanpa mereka (donatur) kita tidak bisa melaksanakan shalat tarawih awal Ramadhan malam ini (12/4/2021) di Masjid Al-Amin yang sedang direnovasi ini. Mungkin saja baru Ramadhan tahun depan. Kami trenyuh dan bangga,” lanjut Wakil Ketua Panitia Renovasi Masjid Al-Amin ini.

Seperti  diketahui, pembangunan renovasi Masjid Al-Amin dimulai pada Agustus 2020 dengan total anggaran Rp 2 miliar. Rencana awal, pembangunan dikerjakan selama 2 tahun dari peletakan batu pertamanya pada 9 Agustus 2020. Terhitung hingga saat ini, pelaksanaan pembangunan sudah memasuki bulan ke-9. Diharapkan renovasi bisa diselesaikan menjelang Hari Raya Idhul Adha yang akan jatuh  pada Juli 2021. (hen)

 

Foto-foto Shalat Tarawih pada Senin (12/4/2021) malam:








0 comments:

Post a Comment